Friday, March 15, 2013

Hari Bakti Rimbawan tahun 2013 ala SKW III BKSDA Kalimantan Timur (1)

PERINGATAN HARI BAKTI RIMBAWAN TAHUN 2013
SEKSI KONSERVASI WILAYAH III BKSDA KALIMANTAN TIMUR (1)

Oleh. Alinar dan Danang Anggoro
Seksi Konservasi Wilayah III BKSDA Kalimantan Timur kembali menggelar acara spontanitas dalam rangka memperingati Hari Bakti Rimbawan tahun 2013. Setelah minggu sebelumnya sukses menghelat kegiatan “Kampanye Konservasi tahun 2013” dengan target para pihak yang memiliki hubungan kerja dengan Seksi Konservasi Wilayah III, kali ini kegiatan yang dilaksanakan adalah bagi bagi bibit pohon gratis ke developer-developer perumahan di Kota Balikpapan tercinta di peringatan hari bersejarah tersebut.
Hari bakti rimbawan merupakan hari yang yang selalu diingat para rimbawan karena merupakan awal pembentukan Departemen Kehutanan, yakni pada tanggal 16 Maret 1983. Berarti pada tahun 2013 ini sudah 30 tahun sejak dibentuknya Departemen kehutanan yang sekarang berubah nama menjadi Kementerian Kehutanan. Sudah banyak sumbangsih yang diberikan oleh para rimbawan seluruh Indonesia di tempat mereka masing-masing untuk perkembangan kemajuan pembangunan kehutanan di Indonesia.
Secara nasional, Hari Bakti Rimbawan tahun 2013 ini memiliki tema “Memperkokoh Jiwa Korsa Rimbawan dalam Mewujudkan Pelayanan Prima”. Selaras dengan tema tersebut dan dalam rangka menanamkan nilai-nilai sebagai aparatur rimbawan yang memiliki kapabilitas dalam memberikan pelayanan prima, maka personil-personil Seksi Konservasi Wilayah III turun langsung dan berinteraksi langsung dengan masyarakat Kota Balikpapan dalam kegiatan bagi bagi bibit pohon gratis ini.
Sangat disadari bahwa Kota Balikpapan adalah salah satu kota di Kalimantan Timur yang memiliki tingkat pertumbuhan sangat pesat. Seluruh moda transportasi utama untuk menuju wilayah-wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dapat dipastikan memiliki jaringan interkoneksi yang berpusat di Balikpapan. Hal ini menyebabkan tingkat pertumbuhan penduduk juga cukup pesat.
Dengan tingkat pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi tersebut maka semakin banyak kompleks perumahan baru yang dibangun di Balikpapan. Kebutuhan akan lahan baru untuk perumahan menyebabkan banyaknya pembukaan lahan yang dikhawatirkan akan mempengaruhi kondisi lingkungan hidup di Balikpapan. Hal ini ditunjang oleh kondisi topografi Balikpapan yang berbukit-bukit dan rawan erosi. Telah banyak kejadian longsor di daerah-daerah pemukiman karena kondisi lingkungannya belum tertata baik.
Adalah sebuah harapan yang wajar bahkan saat ini menjadi salahsatu daya tarik pemasaran perumahan, bahwa para calon penghuni perumahan tentu menginginkan kondisi lingkungan yang bagus. Hijau oleh pepohonan, bersih dan lingkungan yang tertata tentu akan sangat menarik calon konsumen dan menaikkan nilai investasi. Pemerintah pun tentunya juga menginginkan terlayaninya kebutuhan masyarakat secara optimal dan menjaga kondisi lingkungan hidup yang baik bagi kehidupan masyarakatnya.
Ide sederhana pun tercetus, yaitu bagaimana menyeimbangkan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan pemukiman yang layak dan aspek-aspek penataan lingkungan hidup yang lebih baik. Banyak pihak yang seharusnya terlibat dalam menyelaraskan antara kebutuhan pembangunan dengan pengelolaan lingkungan hidup tersebut. Oleh karena itu, Seksi Konservasi Wilayah III melalui kegiatan bagi-bagi bibit pohon yang sederhana ini mencoba menggerakkan sebuah pemicu awal dan langsung menuju ke sasaran untuk pengelolaan lingkungan hidup di Kota Balikpapan yang lebih baik.
Pendataan awal untuk kompleks-kompleks perumahan yang akan menjadi target kegiatan dilaksanakan pada hari Senin 11 Maret 2013 dengan target 10 kompleks perumahan. Kejadian-kejadian lucu dan unik dialami selama pendataan ini. Ada developer yang awalnya takut-takut menerima karena dikira nanti disuruh bayar, ada yang saking semangatnya malah segera membuatkan lubang untuk penanaman bibit tersebut dan ada pula yang karena kegiatan ini dilaporkan ke Pak Lurah, malah akhirnya Kelurahan setempat ikut minta diberikan bibit pohon gratis.
Pada hari itu pula, kami langsung melakukan persiapan. Bibit bibit pohon trembesi dan tas – tas souvenir kami siapkan, 1 paket terdiri dari 100 bibit pohon, 2 kaos dan 1 kalender. Dengan semangat bakti sebagai rimbawan dan gotong royong seluruh personil Seksi Konservasi Wilayah III, tahap persiapan pun berjalan lancar. Kegiatan akhirnya dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 13 Maret 2013.
Antusias yang tinggi bisa dilihat dari penerimaan yang baik terhadap kegiatan ini. Bahkan ada juga yang memberikan masukan untuk memberikan jenis bibit lain seperti tanaman buah-buahan. Pada kegiatan ini terealisasi 8 lokasi yang diberikan bibit pohon gratis antara lain Perumahan Balikpapan Regency, Perumahan Sepinggan Pratama, Perumahan Palm Hills, Perumahan HER, Perumahan BDS II, Perumahan WIKA, Koala Batakan Cottage dan Kantor Kelurahan Sungai Nangka. 
Semoga melalui pemberian bibit pohon gratis ini dapat menjadi bagian dari dukungan nyata seluruh personil Seksi Konservasi Wilayah III untuk membantu mensukseskan program Kementerian Kehutanan dengan gerakan menanam satu milyar pohon, mensukseskan program Clean Green Healthy Pemerintah Kota Balikpapan, meningkatkan kesadaran pengelolaan lingkungan hidup yang baik dan perwujudan pelayanan prima rimbawan pada masyarakat. 
Serta yang juga sangat penting dengan peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun 2013 ala Seksi Konservasi Wilayah III ini adalah masyarakat dapat merasakan kehadiran rimbawan untuk peningkatan kualitas lingkungan hidup yang lebih baik di Kota Balikpapan. Tetap semangat… (Alinar, S.Hut./198101012009122003/Calon Penyuluh, di-edit oleh M. Danang Anggoro)


No comments:

Post a Comment